Minggu, 06 April 2014

Bermula dengan titik

Sebagian orang mungkin lebih suka mengerjakan segala sesuatunya sendirian. Namun kita nampak seperti melukai hakekat hidup kita sebagai mahkluk sosial. Mahkluk yang dalam perjalanannya membutuhkan orang lain. Seperti laba-laba yang membangun sarang, semakin luas jaring tersebut maka semakin luas pula tangkapannya. Ketika kita memiliki banyak relasi serta jaringan, itu membuat kita jauh lebih cepat dalam mengembangkan apapun terkait bakat serta minat kita.
Dan mulailah itu dengan titik! Setitik kecil itu jika kita pertemukan dengan titik yang lain maka ketika kita tarik akan membentuk sebuah garis. Itu sedikit ilmu yang saya temukan di bangku kuliah matematika. Kita hidup itu laksana titik, kita harus menemukan titik-titik yang lain agar membentuk banyak garis. Dimulai dari sekarang pulalah itu! Dari bangku sekolah ataupun kuliah kita. Mencari titik-titik terbaik. Charlie jones berkata,” lima tahun lagi anda akan sama seperti sekarang ini, kecuali dua hal! Orang-orang sekitar anda dan buku-buku yang anda baca”. Titik-titik terbaik itu memang sulit untuk kita temukan, tetapi sangat mungkin untuk menemukannya.
Di sekeliling kita, tanpa kita menyadari ternyata ada beberapa orang yang mempunyai banyak teman. Dan hampir dimana pun dia berada, pasti ada satu atau bahkan dua orang yang menyapanya. Sungguh hebat! Ada yang memang berhasil membangun jaring itu, tapi kita jarang memperhatikan dan hanya berlalu seperti tak ada yang lebih dari hal ini.


Ada sedikit tips agar kita mampu membangun banyak jaring dalam kehidupan kita :
1.      Awali dengan senyuman! Bukankah enyum juga sedekah yang paling mudah kita lakukan? Dan dari senyuman pula pancaran kebahagiaan kita akan menularkan virus-virus positif pada orang lain.
2.      Membuka dirilah kalian dan ramah terhadap siapa saja, timbulkan kesan pertama terhadap orang yang baru kita kenal merasa nyaman.
3.      Memulai dari obrolan apa yang dia sukai, jika obrolan itu kamu belum menguasai. Cukup jadilah pendengar yang baik!
4.      Jangan terlalu cuek, peduli terhadap orang lain! Maka orang lain akan peduli dengan kita.
5.      Ikut organisasi, ini jalan yang bagus banget. Selain kamu dapat keterampilan di organisasi, kamu juga akan punya banyak teman. Karena pada dasarnya Organisasi adalah tempat kamu berlatih bekerja sama dengan orang lain, saling membutuhkan, saling minta tolong. Dari berbagai kegiatan itulah kamu akan punya banyak banget teman dari berbagai kelas di sekolah dan universitas.
6.      Berbagi ilmulah dengan yang lain. Apa yang kalian kuasai saat ini, meski baru sedikit jangan sungkan untuk dibagikan tanpa pamrih dan balasan.
7.      Nah yang ketujuh, temukan caramu sendiri! Praktekan dari sekarang dan carilah sebanyak-banyaknya teman. Jangan pilih-pilih teman, semua orang baik kok pada dasarnya! Hanya di sisi manakah baiknya, itu yang harus kalian cari sendiri?
Semangat membangun banyak titik-titik kawan! Mari buatlah garis hingga membentuk jaring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar